Jumat, 28 Juli 2017

Potensi Bambu Di Desa Plakaran

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !

Plakaran : pohon bambu sudah tidak asing lagi kita dengar baik di suatu pembicaraan maupun keberadaan nya. Berbicara masalah bambu maka fikiran kita akan mengarah pada suatu kehidupan desa yang masih natural. Bambu hidup secara berderet maupun berumpun di pinggir pinggir jalan menuju desa maupun perkampungan. Sering juga kita jumpai pohon bambu tumbuh sebagai pagar dirumah rumah yg ada di desa desa plakaran merupakan salah satu desa yang kaya akan tanaman bambu, disepanjang jalan pelosok dan jalan desa di daerah plakaran banyak ditumbuhi oleh pohon bambu, mulai dari jenis bambu keles ataupun bambu Pring. Pohon bambu ini tumbuh subur di desa plakaran. Selama ini pemanfaatan pohon bambu hanya digunakan sebagai bahan bangunan, bilik, kandang sapi, kandang ayam dan pagar oleh sebagian masyarakat plakaran. Bahkan tidak jarang pula bambu hanya digunakan sebagai bahan bakar baik bahan bakar untuk dapur ataupun dibakar begitu saja karena dianggap sebagai sampah dan mengganggu lingkungan.
Ada beberapa kelebihan pemanfatan bambu
  ü  Berat jenisnya lebih ringan daripada kayu 
  ü  Mudah dalam mengerjakan
  ü  Mudah dalam menyambungkan
  ü  Biaya yang relatif murah
  ü  Kuat dan tahan terhadap gempa
  ü  Mudah dalam memodel
  ü  Mempunyai daya lentur yang tinggi
Meskipun bambu banyak memiliki kelebihan namun bambu juga memiliki kekurangan
  ü  Kurang kuat terhadap beban dan tekanan yang besar
  ü  Tidak memiliki ketahanan melawan rayap dan serangga lainnya
  ü  Rentan terhadap perubahan cuaca
  ü  Muddah lapuk
  ü  Gampang terbakar
Pemanfaatan pohon bambu oleh masyarakat plakaran belum bisa mengangkat nilai tambah baik secara ekonomi maupun secara fungsi. Sehingga Tidak ada nilai tambah yg didapat dengan adanya pohon bambu. Sebenarnya jika bambu benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan benar, Potensi memberikan nilai tambah pada pohon bambu sangat besar, mulai dari ekonomi Maupun fungsi. Salah satu contoh pemanfaatan pohon bambu yang belum banyak terealisikan adalah pemanfaatan pohon bambu sebagai hasil kerajinan tangan mulai dari lampion yg ramah lingkungan, gantungan kunci, miniatur angklung dan lain semacamnya.
Desa plakaran berdekatan dengan wisata religi air mata makam agung (kakek dari Cakraningrat pertama) yang banyak di ziarahi oleh masyarakat dari luar Bangkalan dan Madura pada umumnya. Pengunjung yang datang pada suatu wisata religi sangat berpotensi untuk membeli produk maupun kerajinan khas daerah yg sedang d kunjungi baik sebagai koleksi maupun oleh oleh untuk keluarga di rumah. Adanya potensi wisata ini akan berpengaruh besar terhadap hasil penjualan sovenir bambu jika benar benar di manfaatkan yang nantinya akan berpengaruh pada pendapatan masyarakat plakaran maupun daerah disekitar wisata.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger