Kamis, 03 Agustus 2017

Inovasi Stik Singkong Balado Kreatifitas Masyarakat Plakaran

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !

Singkong merupakan tanaman ubi-ubian yang hampir setiap bagiannya mempunyai manfaat. Tanaman singkong merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di desa Plakaran. Setiap bagian dari tanaman ini mempunyai manfaat yang luar biasa, seperti pada ubinya yang juga mempunyai nilai gizi tinggi.
Dengan potensi singkong yang cukup baik ini, muncul ide kreatif dari kelompok KKN 34 untuk membuat inovasi baru pada singkong, yaitu stik singkong balado. Tanaman singkong tentunya memliki nilai jual yang lebih tinggi dengan cara pengolahan yang modern.
Teman-teman dari KKN 34 mengajak masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu desa Plakaran untuk bersama-sama mengolah singkong menjadi sebuah produk yang inovatif. Tanggal  03 Agustus 2017 tepat di basecamp KKN 34, masyarakat dan teman-teman KKN mengadakan pelatihan pembuatan stik singkong balado. Mulai dari pengupasan, perebusan, hingga pengemasan menjadi produk stik yang berlabel apik dan desain yang menarik.
“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan nilai jual singkong itu sendiri, dengan diolah dan dikemas dengan baik maka harganya pun juga akan lebih tinggi, kami berharap pengolahan singkong ini akan terus berjalan” Ungkap Badrus selaku Kordes KKN 34 saat memberi sambutan.
          Selain itu warga juga merespon dengan baik kegiatan pengolahan singkong tersebut, mengingat menurut beberapa warga biasanya singkong hanya dijual dalam bentuk batangan saja oleh warga dengan harga yang sangat murah. Dengan adanya pengolahan tersebut warga berharap ada penghasilan tambahan dalam pertanian khususnya dalam pengolahan singkong.


Stik singkong balado yang dikasih nama SIBALA khas Plakaran ini berhasil menarik antusias warga, beberapa warga Plakaran mempraktekkan sendiri-sendiri di rumah dengan variasi yang berbeda-beda.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger