Rabu, 02 Agustus 2017

Mahasiswa UTM Ajak Warga Kembangkan Potensi Pisang

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !

Desa Plakaran memiliki tanah yang subur dan memiliki berbagai tanaman yang berpotensi sebagai penunjang perekonomian. Banyak tumbuhan yang tumbuh subur diatas tanah Plakaran. Hampir disepanjang jalan bisa ditemui berbagai macam tumbuhan seperti, pohon pisang, pohon singkong, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya.
Pohon  pisang merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh di desa Plakaran. Jenis pisang yang biasa ditanam adalah pisang Mas. Hal ini menjadi potensi yang bagus untuk desa Plakaran, buah pisang bisa diolah untuk dijadikan bahan lain yang mempunyai nilai jual tinggi.
Melihat potensi dari buah pisang yang cukup besar, maka muncul beberapa ide kreatif untuk membuat inovasi baru yaitu bolu pisang. Disamping memanfaatkan buah pisang yang ada, juga menjadikan nilai jual tinggi dari buah pisang.
Bolu pisang ini layaknya bolu pada umumnya, yang membuat berbeda adalah rasa khas pisang Plakaran, itu yang membuat bolu menjadi lebih nikmat dan tentunya punya nilai gizi yang tinggi.
Inovasi baru ini mengundang antusiasme warga untuk lebih tau mengenai proses pembuatan bolu pisang. Pelatihan pembuatan bolu pisang bersama teman-teman KKN 34 dan ibu-ibu warga desa Plakaran pun membawa hasil yang baik. Pelatihan ini mengajarkan pembuatan bolu dari pembuatan adonan hingga proses pengemasan.

“Rasa pisangnya sangat terasa, rotinya empuk dan sangat lembut. Ini pengajaran yang bagus dan baru buat warga desa Plakaran.” Komentar ibu Nur, istri kepala desa Plakaran setelah mencicip beberapa iris bolu pisang.

Bolu pisang yang dikemas dengan cantik dan apik membuat bolu pisang ini terlihat lebih mewah dan menarik. Produk baru ini diberi nama “BOLDEM” yaitu Bolu Demang, Demang sendiri adalah kiyai besar yang dimakamkan di desa Plakaran.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. Plakaran keren, buat produk baru. Bolu Pisang khas Plakaran...

    BalasHapus

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger