Sabtu, 12 Agustus 2017

Sosial Ekonomi

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !

Masyarakat Plakaran tergolong  perekonomian menengah ke bawah, dikarenakan penduduk Desa Plakaran memiliki kehidupan sosial dan ekonomi yang sangat bergantung pada hasil petani, tenaga kerja diluar negeri (TKI) dan peternak. Masyarakat Dusun Plakaran mayoritas sebagai petani penanam padi, singkog, kacang tanah, pisang dan Bambu . Hasil yang mereka tanam dapat dijual dan tidak dijual. Masyarakat menjual hasil pertanian dikarenakan untuk menghidupi kebutuhan mereka. Sedangkan untuk hasil tanam yang mereka tidak jual untuk digunakan atau dikonsumsi sendiri dalam kehidupan sehari-harinya.
Kebanyakan masyarakat Plakaran menjua hasil pertanian dalam bentuk berbagai olahan dan mentah. Terdapat hasil olahan singkong yang merupakan makanan khas masyarakat Plakaran untuk diolah sebagai produk tape yang beraksud untuk menjualnya ke pasar dengan tujuan memperoleh jnilai ekonomi untuk kehidupan selnjutnya. Selain itu, masyarakat Plakaran lebih tertarik untuk bekerja di luar negeri dengan gaji yang besar dibandingkan membuka usaha yang belum tentu untung. Sebagian masyarakat Desa Plakaran juga ada yang memiliki usaha kecil seperti toko kecil, dan yang lainnya.
Sebagian besar masyarakat Desa Plakaran merantau ke tempat lain. Karena mereka menganggap jika mereka merantau atau bekerja ke luar kota akan mendapatkan hasil yang lebih bnayak demi  memperoleh  gaji  yang  besar  untuk meningkatkan  taraf  hidup  menjadi  lebih  baik  lagi sebagai motivasi besar bagi kebanyakan masyarakat.

Berdasarkan  diagram  diatas diketahui  bahwa penduduk  di  Desa Plakaran  memiliki  beragam pekerjaan,  karena  banyaknya pilihan pekerjaan serta kebutuhan yang harus dipenuhi. Mayoritas  warga  Desa Plakaran memiliki profesi sebagai petani dan buruh, dengan persentase Petani 38%, Buruh 30%, Pedagang 25%, PNS 5%, dan Jasa 2% .
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger