Sabtu, 12 Agustus 2017

Warga Plakaran Sulap Bambu menjadi Miniatur Menarik

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
 


Bambu atau dengan nama ilmiahnya Bambusa sp merupakan tanaman berumpun yang tumbuhnya sangat cepat, tinggi tanaman bambu bisa mencapai 30 meter. Tanaman bambu banyak ditemukan di daerah Plakaran dengan rumpun yang masih lumayan lebat. Biasanya warga menebang pohon bambu digunakan untuk membuat tiang penyangga atap rumah, penyangga kerangka bangunan, dan perabotan meja kursi. Selain pemanfaatan tersebut belum ada pemanfaatan yang lain mengenai tanaman bambu pada warga secara menyeluruh, masih sebatas beberapa kepala keluarga saja yang dapat membuat kerajinan dari tanaman bambu. Terdapat 2 macam bambu yang tumbuh di Plakaran, yaitu Bambu Durih dan Bambu Kilis (berdasarkan masyarakat Plakaran).


Melihat potensi bamboo Plakaran yang begitu bagus maka muncul ide kreatif untuk membuat inovasi dari bamboo. Seperti halnya kerajinan, dengan inovasi ini maka bamboo yang ada bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dan pula dengan nilai jual yang tinggi.

Dalam hal ini teman-teman KKN 34 mengajak warag untuk memanfaatkan pohon bamboo menjadi kerajinan atau souvenir. Kerajinan yang telah dibuat diantaranya adalah berbagai alat music tradisional, sepeda ontel kuno, berbagai bentuk gantungan kunci, lampion dan beberapa yang lainnya.


Inovasi baru ini diharapakan bisa mengangkat nilai jual bamboo serta menjadikan bamboo menjadi berbagai produk kreatif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger