Sabtu, 12 Agustus 2017

Wisata Religi Makam Ki Demang Plakaran

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !

Plakaran Arosbaya : Desa Plakaran merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Arosbaya, Bangkalan. Kegiatan masyarakat Plakaran tidak jauh berbeda dengan masyarakat di desa lain yang ada di Arosbaya. Mulai dari bercocok tanam dan cara mereka dalam bergaya hidup. Namun, desa Plakaran sendiri mempunyai sesuatu yang sangat sakral dan ditinggikan yaitu keberadaan Buju’ Demang dan Makam Agung.
Makam Buju’ Demang merupakan salah satu makam kerajaan yang ada di Bangkalan dan di kecamatan Arosbaya khususnya. Selain makam tersebut juga ada makam Agung yang di dalamnya terdapat makam-makam putra kerajaan yang ada Madura. Ki Demang sendiri sampai sekarang belum diketahui pasti nama aslinya, kata Demang tersebut hanyalah sebutan bagi orang yang mempuyai kekuasaan atau kepemimpinan. Karena di Plakaran inilah Ki Demang kemudian membentuk kelompok masyarakat dan memposisikan diri sebagai pimpinan, ini sebabnya beliau diberi gelar Ki Demang Plakaran.
Demang tersebut hanyalah julukan yang diberikan kepada masyarakat terhadap Kiyai Demang. “Konon katanya desa Plakaran merupakan desa yang diinginkan Kiyai Demang sebagai tempat pemakamannya. Karena ketika akan dimakamkan, jenazah Kiyai Demang terasa berat pada saat akan dibawa ke desa lain, dan terasa ringan saat di arahkan ketempat pemakaman sekarang. Akhirnya masyarakat memutuskan untuk memakamkan Kiyai Demang di tempat pemakamannya yang sekarang, yaitu di desa Plakaram.” Ungkap Bapak Salim salah satu tokoh masyarakat desa Plakaran.
Makam kiyai demong sendiri sekarang sudah mulai dibangun, seperti dibangun layaknya Buju’ pada umumnya. Alasan dibangunnya karena Kiyai Demang merupakan salah satu Raja tertinggi di Bangkalan. “Itu memang sengaja dibangun karena Ki Demong ini termasuk Buju’ tertua di Bangkalan.” Tutur pak Sakur Kepala Desa plakaran.

Melihat cerita sejarah Ki Demang, sudah menjadi hal yang wajar jika makam Ki Demang menjadi salah satu tempat ziarah atau wisata religi desa Plakaran. Karena memang Ki Demang adalah salah satu leluhur di Madura, khususnya di Bangkalan.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ©2016 Desa Plakaran • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger